Sunday 3 February 2013

Jurnal Jo vs So B. it

So B. It (Biarkan Berlalu)
sumber: goodreads
Jurnal Jo
sumber: goodreads



 Sering sekali, kan, kita menemukan cover buku yang mirip satu sama lain. Aku tidak hendak menjustifikasi atau menganggap itu buruk atau sebaliknya. Jujur saja aku sekadar tertarik dengan hal ini. Kalau bisa, sih, ingin tahu apakah memang sengaja dibuat mirip atau cover A menjadi ide dasar dari sang desainer cover saja atau bahkan sama sekali tak ada hubungannya, bahkan si desainer tak tahu menahu soal cover yang ternyata mirip itu.
Misteri sebuah ide. Sama seperti konten sebuah novel, tak sekali dua kali saya menemukan hal-hal yang mirip, bahkan beberapa teman penulis pernah kaget karena ternyata apa yang ia tulis mirip dengan penulis yang lain, padahal ia sama sekali belum membaca atau mendengar cerita itu.
Jadi begitulah sebuah ide, kita tak bisa begitu saja memberikan justifikasi bahwa si A mencontek si B. Jadi saya lebih suka jika menikmatinya saja sebagai sebuah kreativitas.

Posting pertamaku tentang Cover Mirip adalah antara novel So B. it dan Jurnal Jo.
Keduanya sama-sama novel teenlit terbitan Gramedia. Aku baru membaca Jurnal Jo. Ceritanya asyik, meskipun itu ditujukan untuk anak SMP (yeah ... pantas utk anakku beberapa tahun lagi :D ) tetapi aku bisa menikmatinya. Justru bisa digunakan sebagai pegangan menyelami dunia anak sekarang.

Sayangnya So B. it tidak jadi aku beli, hanya kutimang-timang lalu kuletakkan kembali. Jika ketemu lagi mungkin sebaiknya aku beli untuk mengetahui apakah isinya pun mirip.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak.
.