Saturday, 21 February 2015

Karakter Tokoh Utama (Opini Bareng BBI)

Bulan ini tema Opini Bareng BBi adalah tentang karakter tokoh utama.

Cluenya adalah Apakah kamu lebih menyukai karakter utama yang serbasempurna, mirip dengan kepribadianmu, atau yang hidupnya penuh dengan masalah dan ketidaksempurnaan? Apakah kamu menyukai tokoh utama yang cerewet atau pendiam?

Tokoh yang terlalu sempurna itu membosankan. Entah tokoh perempuan atau laki-laki. Dan yang jelas bikin iri. Pernah baca novel yang tokoh perempuannya sangat sempurna dan rasanya malah jadi aneh. Dia sangat cantik, pintar, kariernya bagus, bodinya oke, lembut, baik hati, semua tokoh laki-laki jatuh cinta padanya. Alhasil saya sekarang lupa judul novelnya, siapa pengarangnya, bahkan saya lupa nama tokoh-tokohnya. Yang saya ingat hanya sosok gadis sempurna itu.

Tidak berarti tokoh utama yang saya sukai harus mirip dengan kepribadian saya. Mungkin lebih tepatnya ada bagian-bagian pemikiran atau karakter saya yang terselip di dalam diri tokoh utama.
Dengan tokoh utama yang tidak sempurna dan banyak masalah, kemungkinan besar konflik akan lebih menarik dan cerita jadi meliuk-liuk asyik.

Untuk tokoh perempuan, kecenderungan saya menyukai tokoh utama yang sedikit cerewet tapi tangguh menghadapi persoalan dan kekurangan dalam dirinya. Karena itu saya menyukai Becky Bloomwood-nya Sophie Kinsella, tokoh-tokoh ceweknya Orizuka, Linda Howard,  Julia Quinn, atau Inov dan Ran-nya Mia Arsjad.

Berkebalikan dengan tokoh cowok, saya lebih menyukai mereka yang dingin. Semakin dingin semakin bikin klepek-klepek.
Tokoh paling dingin yang jadi favorit saya kayaknya Diaz di novel Cry No More-nya Linda Howard.


14 comments:

  1. wah kalo saya malah agak males dgn tokoh perempuan cerewet. mendingan sekalinya ngomong langsung makjleb itu lebih menarik.. x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selera cowok "Rico" gitu ya? :D Thanks sdh mampir ya,

      Delete
  2. Untuk saat ini, aku masih cinta mati sama Alex mbak, tokoh dalam Shunshine becomes You-nya Ilana Tan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haaa .. Aa Alex memang cool. Keren banget juteknya. Tapi muruuung. Jadi pingin puk-puk si Aa terus. :v :v

      Delete
  3. "Dengan tokoh utama yang tidak sempurna dan banyak masalah, kemungkinan besar konflik akan lebih menarik dan cerita jadi meliuk-liuk asyik." Setuju, kalau tokohnya sempurna dan gak punya masalah gimana cerita mau berjalan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak asyik ya Fatiah kalau sempurna. Nobody is Perfect. Makasih ya sdh berkunjung.

      Delete
  4. Saya juga tidak suka tokoh sempurna. Jadinya nggak berkesan. Asal lewat saja hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bacanya di skip skip :D. Thanks sdh mampir ya Sabrina.

      Delete
  5. Huahahahaha...setujuuuuu....semakin dingin semakin bikin klepek-klepek. Tapi itu di dalam cerita sih. Kalau di dunia nyata, cowok dingin kayak gitu kadang pengen minta ditabok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul-betul kalau di dunia nyata sebaiknya cowok kayak gitu digundulin aja. *Sadiss*

      Delete
  6. woww... asal jangan terlalu dingin aja tokoh cowoknya, nanti bukannya bikin klepek2 malah membeku beneran LOL. tapi setuju, tokoh yang sempurna itu membosankan, aku juga lebih suka tokoh yang realistis aja, meski jangan terlalu annoying juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Astriiid ... hahaha jangan yang bersuhu di bawah 50 derajad celcius ya.

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak.
.