Friday 28 February 2014

Always be in Your Heart vs Cinta Tanpa Jeda

Sebetulnya saya ini iseng banget. Ngapain posting cover-cover mirip segala, ya, kan? Tapi, karena ini menimbulkan keasyikan tersendiri, jadi, ya, saya terusin saja posting nggak penting kayak gini. 
Perkara cover itu nggak gampang, lho. Saya pernah bekerja di sebuah penerbitan, dan maslah cover sering menjadi perdebatan yang panjang, setelah pemilihan judul.  
Hal ini akan makin seru, kalau designer covernya kurang bisa ngerti kemauan pihak lain yang berkepentingan. Masalah cover (dan judul) bukan hanya urusan designer cover saja, kok. Sepengalaman saya, dari pihak editor, penulis, dan marketing ikut terlibat di dalamnya. Menyatukan isi kepala mereka dari berbagai divisi yang berbeda itu tidak gampang. Maka, saat akhirnya cover dapat dinikmati oleh pembaca dan mendapat apresiasi yang menyenangkan, rasanya perdebatan panjang itu tinggal kenangan :D

Kali ini saya tertarik dengan dua cover novel romance. Dua-duanya tulisan teman saya. Cinta Tanpa Jeda tulisan Mbak Indah Hanaco diterbitkan oleh Bukune (satu grup dengan GagasMedia).
Sayangnya saya belum membaca bukunya. 

gambar dari goodread
Novel kedua, Always be in Your Heart (Pulang ke Hatimu) adalah karya Shabrina Ws. Juara ke-3 dalam Lomba Menulis Romance Qanita.
Novel ini bersetting Papua, pada masa pergolakan, terpisahnya Papua dari negara kesatuan Indonesia. Meskipun begitu, selipan kisah cintanya terasa sangat manis. Narasinya indah. Settingnya juga kuat. Pokoknya, panteslah kalau novel ini jadi juara.


Keduanya sama-sama menggunakan sangkar burung dan untaian bunga di sisi tepinya. Bedanya hanya posisi burungnya. Keduanya sama manisnya menurut saya, meski entah bagaimana keduanya punya kemiripan yang lumayan kuat. Bagaimana menurutmu? Apakah pernah menemukan cover mirip juga?


2 comments:

  1. aku punya keduanya, dan covernya emang serupa :D tapi isinya jelas beda, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinjem yg Cinta tanpa jeda-nya ... :D

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung dan meninggalkan jejak.
.